Cara Menghemat Baterai Android

Bookmark and Share

Salam Droiders kali ini BMaster23 mau bagi Tips Menghemat Baterai Android ,beberapa cara dibawah ini bisa juga buat blackberry dan smartphone lainnya,Berikut Langkah-Langkahnya :


1. Jangan install aplikasi terlalu banyak.
Karena aplikasi yang banyak akan membuat kinerja ponsel bekerja semakin keras sehingga terasa lebih lambat dan battery lebih cepat habis. Selain itu sering juga aplikasi gratisan dari google play yang menyertakan ads / iklan pada saat dipakai, iklan ini akan terdownload secara online dan tanpa terasa battery lebih cepat habis.

2. Batasi install aplikasi yang butuh online secara terus menerus.Semakin sering ponsel online, maka akan semakin banyak pula battery yang terpakai, karena itu pilihlah aplikasi yang benar-benar diperlukan.

3. Kecerahan
layarAtur kecerahan layar pada posisi yang tidak terlalu terang, semakin redup maka battery akan semakin awet.

4.Animasi
Adanya animasi memang mempercantik tampilan ponsel kita, namun akan menyebabkan battery lebih cepat habis, karena itu jika ingin battery lebih awet ada baiknya kita hilangnya animasi, adapun caranya dengan memilih Pengaturan > Tampilan > Animasi > Tidak ada animasi

5.Wallpaper animasi (live wallpaper) Sama halnya seperti animasi, wallpaper animasi (live wallpaper) juga dengan cepat membuat battery lebih cepat habis, gunakan tampilan default agar battery lebih tahan lama

6.GPS
Penggunaan GPS akan memakan battery yang lumayan banyak, sebaiknya gunakan network operator saja untuk mengetahui lokasi ponsel kita sekarang pada peta.

7. Wifi
Matikan wifi jika tidak diperlukan

8. Bluetooth
Sama halnya seperti GPS dan Wifi, penggunaan bluetooth secara terus menerus dapat mempercepat battery habis.

9. Jaringan Edge Berselancar menggunakan jaringan 3G atau HSDPA memang mengasyikkan karena cepat, namun battery juga semakin cepat terkuras, lebih baik memilih jaringan Edge agar battery bertahan lebih lama. Caranya pilih Pengaturan > Nirkabel dan Jaringan > Jaringan seluler > Mode Jaringan > Hanya GSM

10. Matikan autosync Fitur ini digunakan untuk syncron otomatis pada email, kontak dan foto. Jika anda tidak menggunakan ketiga fitur tersebut atau anda tidak menggunakan push mail, sebaiknya matikan fitur ini. Caranya pilih Pengaturan > Akun dan sinkr. > Hilangkan centang pada Data latar belakang dan Sinkr Otomatis.

11. Matikan widget dan iconWidget akan online secara otomatis sedangkan icon akan memperberat kinerja ponsel sehingga battery pun akan lebih cepat habis

12. Automatic update Menu ini biasanya digunakan untuk update jika ada notifikasi terbaru, contoh yang menggunakan menu ini adalah facebook, twitter dll.Matikan fitur ini untuk memperpanjang battery.

13. Sinyal lemahJika kondisi sinyal lemah, handphone akan berusaha untuk mencari sinyal, terkadang handphone sampai hangat gara-gara sinyal yang sangat lemah. Jika dalam kondisi seperti ini sebaiknya menggunakan opsi flight mode.

14. Cara chargerSebulan sekali, sebaiknya kita membiarkan handphone kita sampai kondisi 0 dan kemudian charging dalam kondisi mati hingga 100%, cara ini cukup membantu untuk memperlama penggunaan battery.

15. Matikan fitur onlineSebenarnya cara ini tidak dianjurkan, tapi jika anda sangat jarang untuk online dan lebih membutuhkan daya tahan battery yang prima anda bisa memilih cara ini, pengalaman penulis menggunakan handphone galaxy young jika mematikan fitur online handphone dapat bertahan hingga hampir 1 minggu sedangkan jika online hampir 2 hari (kondisi handphone jarang dipakai),
Caranya pilih Pengaturan > Nirkabel dan Jaringan > Jaringan seluler > Hapus centang pada Gunakan data paket.

Sekian postingan saya tentang "Cara Menghemat Baterai Android"
Selamat Mencoba

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar